Pemasaran Kuliner: Tips Sederhana Menjualnya Secara Online

Hari ini tujuan orang Kulineran tidak hanya sekedar untuk kenyang, tapi juga untuk sebuah pengalaman baru. Sejak 2004, pencarian kata “makanan” di Google semakin hari semakin menanjak. Tidak heran, dalam belasan tahun terakhir, usaha kuliner makin menggila dan makin banyak diminati oleh pengusaha-pengusaha. Baik pengusaha baru yang merintis dengan bisnis ini, atau mereka yang hanya sekedar melebarkan sayap bisnis.

Bahkan, fenomena ini juga sempat diminati para selebritis belakangan tahun terakhir. Hingga, bisnis di industri ini semakin ramai. Lantas, untuk Anda yang sedang menjalankan bisnis kuliner, bagaimana menaggapi situasi ini? sudahkah Anda menyiapkan strategi untuk menang? pada artikel ini penulis akan mencoba memaparkan tips sederhana untuk keluar, dan naik ke atas kerumunan industri ini, tentunya dengan cara penjualan online.

Buat merek Anda lebih menonjol

Untuk memasarkan produk Anda secara online, tentu Anda harus memikirkan Value atau nilai dari merek dagang Anda. Banyak perusahaan yang bersaing dengan Anda, di industri yang sama, bahkan di varian yang sama. Mengingat bisnis ini semakin ramai diminati, nilai akan membuat produk Anda terlihat berbeda dibandingkan dengan yang lain. Misalnya, jika Anda memiliki usaha kuliner kopi, tampilkan produk Anda dengan nilai yang membuat Anda berbeda dengan pesaing Anda.

Produk Detail dari Kopi Gayo, Source: OttenCoffe

Seperti contoh pada situs OttenCoffe, yang memuat produk kopi Gayo dengan menonjolkan sebuah cerita tentang petaninya, lokasi perkebunan hingga cerita lainnya. Ini akan membuat merek Otten lebih menonjol di benak konsumen dan tersimpan di alam bawah sadar atas merek kopi yang akan dibeli di kemudian hari.

Atau, jika memang produk kuliner Anda memecahkan suatu masalah, silahkan tonjolkan nilai tersebut dalam bentuk fitur yang Anda tampilkan pada halaman produk Anda. Misalnya produk kuliner Mie Aceh dengan rempah, mampu meningkatkan daya imunitas tubuh terhadap cuaca ekstrim. Secara tidak langsung, produk Anda pun akan masuk ke pencarian search engine dengan kata kunci tersebut. Setidaknya itu akan mengantarkan calon pelanggan ke situs web Anda.

Bikin deskripsi yang bikin orang ngiler

Setelah Anda membuat citra produk Anda menonjol dengan sebuah nilai, saatnya lebih persuasif dengan deskripsi yang lezat. Dalam hal ini, orang akan menggunakan emosinya untuk melihat suatu produk, berbeda dengan nilai yang cenderung mengandalkan logika.

Lantas, bagaimana membuat deskripsi seperti demikian, kan belum tentu mereka yang tidak merasakan langsung bau makanan akan bisa menikmatinya hanya dengan membaca. Ya sederhananya, Anda ciptakan rasa lezat saat membaca. Buat mereka yang membaca dapat merasakan tekstur dan rasa makanan di mulut mereka.

Anda dapat menciptakan kata-kata yang betul-betul memaksa indra mereka berimajinasi. Jangan buat kata-kata generik seperti “enak”, “lezat” apalagi “nikmat”, bagi mereka itu tidak ada bedanya dengan kata “basi” (mau makanan Anda dianggap basi?). Cobalah dengan kata-kata yang membicarakan rasa tertentu seperti, “meleleh”, “lumer”, “semriwing” atau apa pun itu.

Gunakan foto high quality

Biasakan pakai foto yang baik saat mengupload gambar untuk bisnis Anda, terutama bisnis kuliner. Teknologi hari ini sudah sangat memungkinkan melakukannya. Kamera smartphone Anda, pasti sudah lebih dari cukup untuk menghasilkan foto berkualitas tinggi. Karena, foto akan sama pentingnya seperti deskripsi yang Anda buat. Kelezatan lewat imajinasi akan semakin lengkap jika didukung sebuah foto.

Image by marcos vega from Pixabay

Gambar pizza yang diambil dari sudut tertentu dengan kondisi terpotong, dengan keju yang masih lengket, bakal membuat orang menghisap ludah kalau dilah terus. Ini pasti akan sangat memperkuat keyakinan tentang rasa dan tekstur deskripsi yang Anda tuliskan.

Tulislah blog secara kontinu, buat kontennya konsisten

Untuk ini, Anda perlu sebuah situs web. Namun mengapa harus blog? tidak cukup ya hanya dengan sosial media? mungkin Anda bisa baca pos kami sebelumnya tentang situs web vs media sosial untuk melihat secara komprehensip pembahasan ini.

Secara singkatnya, blog akan menuntun calon pelanggan Anda terus konsisten mengikuti perkembangan bisnis Anda terutama dalam kondisi mereka tidak selalu berkunjung ke toko atau cafe Anda setiap hari.

Image by Werner Moser from Pixabay

Dengan blog Anda dapat menuliskan review produk terbaru, menginformasikan masa promosi hingga meberikan tips memilih produk sejenis dengan menonjolkan keunggulan dari produk Anda.

Selain itu, blog adalah ujung tombak situs web Anda agar semakin dikenali oleh mesin pencari dan semakin banyak dikunjungi bagi mereka yang membutuhkan produk yang mungkin Anda pasarkan. Makanya, kontinuitas penulisan dan konsistensi konten blog sangat diperlukan.

Tapi ingat ya, jangan mentang-mentang harus konsisten, blog Anda selalu bahas hal yang monoton. Cobalah isi dengan konten lain yang lebih luas, namun akan terkait secara tidak langsung ke produk Anda.

Buatlah halaman FAQ yang baik

Baik artinya Anda mengakomodir berbagai pertanyaan yang memang benar-benar sering ditanyakan pada bisnis Anda. Bukan pertanyaan yang sengaja dibuat-buat. Percaya deh, calon pelanggan, kalau bertanya, pertanyaannya ampir itu-itu aja! jadi silahkan list aja pertanyaan mereka.

Laman FAQ. source: pinterest

Nah, dalam halaman FAQ ini jangan lupa berikan jawaban yang membuat produk Anda semakin baik di mata calon pelanggan, jangan gunakan kata-kata yang menjatuhkan produk Anda sendiri. Lalu perlu diingat, tidak boleh ada kebohongan dalam FAQ, jika itu terjadi, maka hancurlah bisnis Anda.

“jadi biar ngecilin resiko, ga usah buat sesi FAQ aja dong?”

Enggak gitu! yang penulis maksud, hanya jangan pernah berbohong, bukan jangan pernah membuah halaman ini. Halaman ini sangat penting, penting sekali bagi calon pelanggan Anda yang baru mau beli produk Anda.

Follow up mereka dengan email

Di beberapa tempat makan di Kota Palembang, diantaranya sudah ada yang menerapkan layanan mikrotik buat nangkep email si pelanggan. Nah, untuk Anda yang berpromosi melalui situs web, ada banyak cara mendapatkan email pelanggan secara gratis. Misal, buatkan fitur newsletter, atau jual produk secara online.

Image by Tammy Duggan-Herd from Pixabay

Dengan demikian, Anda dapat mengumpulkan email pelanggan secara cuma-cuma. Dengan adanya database email, Anda dapat mengirimkan informasi, ceritaka, keadaan dan banyak hal tentang bisnis Anda ke pelanggan Anda. Jika situs Anda menggunakan WooCommerce, ada plugin yang pas untuk ini , diantaranya:

  • Abandoned Cart Recovery, untuk follow up email, pelanggan Anda yang masukkan produk ke keranjang belanja, tapi tak kunjung beli
  • Newsletter, untuk mendapatkan email pengunjung web yang haus informasi (terutama diskon dan promosi)
  • Wocommerce follow up Emails, untuk follow up pelanggan Anda secara otomatis yang dapat diatur sesuai tanggal mereka bertransaksi pertama kali.

Dengan tools di atas, Anda akan semakin mudah untuk berpromosi secara gratis. Pastinya tertarget tanpa terlalu banyak mengeluarkan waktu dan tenaga.

Terhubung dengan pelanggan via media sosial

Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya, media sosial sangat berperan penting dalam penanganan enggagement. Tetaplah buat Instagram Anda menarik, membuat grup Facebook Anda tetap ramai di jalurnya serta jangan lupakan twit-twit penuh kelezatan di Twitter Anda.

Image by Quinn Kampschroer from Pixabay

Setidaknya ini akan memastikan Anda selalu buka dalam kadaan apa pun, meyakinkan pelanggan Anda untuk datang ke restoran Anda tanpa takut kecewa karena tutup. Berikan informasi sebaik mungkin, sedetail mungkin tentang keadaan terkini bisnis Anda. Mereka yang merupakan pelanggan setia, akan selalu merasakan momen rindu untuk kembali ke restoran Anda.

Kulineran adalah pengalaman

Bagi kebanyakan orang, kulineran adalah sebuah pengalaman. Mereka dengan senang hati menjadikannya sebuah tradisi, kenangan indah atau menjadi sebuah menu favorit. Itu semua akan sangat mudah mereka ekspresikan dengan berbagai cara, mulai mengajak orang tercinta menikmati bersama, membagikan kebahagiaan bersama kaum dhuafa atau sekedar pamer bahagia di social media.

Untuk merangkumnya, Anda dapat memperbaiki situs web yang Anda punya, atau membuatnya jika belum ada.

Jika ada masalah dalam pembuatan atau perbaikan situs web Anda, kami dapat membantu Anda.

Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar