Situs Bisnis dengan WordPress? Simak Apa Saja Kelebihan dan Kiatnya

Mungkin Anda adalah satu dari kebanyakan orang yang sedang menjalankan bisnis, baik secara konvensional ataupun sudah terkena sentuhan digital. Dari sekian banyak pebisnis seperti Anda jika dikelompokan ada dua kelompok besar yang bisa jadi Anda berada pada salah satu kelompok tersebut.

Kelompok pertama, Mereka memiliki bisnis, namun bisnis yang Mereka jalankan seharusnya membutuhkan website untuk semakin terus berkembang, namun Mereka tidak memiliki banyak waktu untuk mendedikasikan diri membangun website tersebut, ditambah anggaran yang Mereka persiapkan tidak cukup untuk membayar programmer apalagi yang lainnya. Kelompok kedua, Mereka adalah seorang pebisnis, bisnis Mereka sudah GO digital, tapi masih belum maksimal karena permasalahan konten dan maintenance sistem.

Jika memang Anda salah satu dari dua kelompok tersebut, boleh lah Anda simak artikel ini hingga selesai. Sebelumnya, untuk mempersingkat bahasan, dan dibahas sesuai dengan judul di atas, maka kita akan ceritakan sedikit sekaligus membantu memecahkan dua problem tersebut. Sebetulnya banyak cara memecahkan masalah tersebut, tapi yang paling mungkin dan mudah adalah coba Anda mengetahui lebih banyak hal tentang WordPress dan yang Kami maksud di sini adalah WordPress hosted atau versi hosting berbayar bukan artikel gratis yang biasa Anda buat di WordPress.com. Jika masih bingung bedanya di mana, silahkan kunjungi artikel kami terkait perbedaan WordPress.org dan WordPress.com.

Nah, daripada terus panjang lebar, baiknya langsung saja simak pembahasannya.

Permasalahan Kelompok Pertama: Waktu dan Uang!

Untuk masalah kelompok pertama, ada alasan fundamental yang membuat Anda menjadi sepeti itu. Pertama waktu, kedua uang. Betul? Ya pastilah, memang itu sudah kita bahas sebelumnya (dan ini sebenarnya masalah semua orang). Lantas, bagaimana menjawabnya? Yang pertama kali Anda harus tau, seberapa besar bisnis Anda membutuhkan website itu sendiri? kemudian mau dibuatkan website sepeti apakah bisnis Anda jika memang butuh? Terutama untuk disesuaikan dengan model bisnis yang Anda terapkan.

Waktu dan Uang, sumber: pixabay

Dengan mengetahui hal tersebut, maka Anda akan lebih mudah menjawab masalah tersebut. Lantas apa hubungannya dengan WordPress? Tenang, seperti yang telah diketahui banyak orang (mudah-mudahan Anda bagian dari mereka) bahwa WordPress adalah sebuah platform CMS (content management system) yang multiguna. Berbagai jenis situs bisa dibuat dengan menggunakan CMS ini. Mulai dari artikel biasa (seperti yang Anda baca sekarang), etalase digital toko kue, sampai situs rental mobil, booking hotel dan marketplace pun bisa dibuat dengan WordPress, tapi Kami harus fair, untuk mewujudkannya memang banyak “tapi-tapinya”.

Kembali ke masalah Anda, setidaknya dengan telah menjawabnya, Anda, dari pertanyaan yang kami ajukan sebelumnya, kita anggap Anda sudah paham untuk melangkah ke langkah berikutnya. Langkah berikutnya kita akan coba kulik dulu permasalahan waktu Anda yang katanya terbatas.

Waktu, pada dasarnya membangun sebuah web jadi dan dinamis butuh waktu yang tidak sebentar, itu pun dibuat oleh programmer berpengalaman, bukan yang baru ngerti tag Html dan css “alakadarnya”. Menjawab masalah ini, nampaknya WordPress memang pilihan utama agar dapat menghemat waktu Anda. Sedikitnya berikut alasannya:

Pertama, WordPress sudah ada sejak eranya mIRC sedang jaya. Ya, dari tahun 2003, artinya sudah lebih dari satu dekade. Karena usianya yang lama maka pengembangannya terus-menerus menawarkan kecanggihan dari waktu ke waktu. Sehingga Anda tidak perlu repot mengejar teknologi web yang ada hingga versi terbaru.

Kedua, WordPress itu open source dan dibangun serta dipantau oleh jutaan orang yang tergabung dalam komunitasnya. Bukan hanya pebisnis, tapi para programmer bahkan yang berpengalaman sekalipun turut memantau WordPress itu sendiri. Oleh karena itu, setiap bugs dari versi ke versi selalu terdeteksi dan dengan cepat diperbaiki.

Ketiga, sistem UI dan UX yang mudah. Anda tidak perlu belajar koding yang bahasanya bikin mata ngejelimet. Anda cukup jalankan saja tools-tools yang ada tanpa perlu kemampuan koding. Kecuali memang Anda ingin menambahkan fitur aneh dan lain daripada yang lain di website Anda. Kalau memang demikian, di sini Kami sarankan Anda untuk tidak usah melanjutkan membaca artikel ini.

Keempat, dengan banyaknya plugin dan tema, fungsi mutakhir dari WordPress akan mudah sekali diset-up. Mau buat toko online kah, katalog online kah, company profile, serta yang lainnya akan serasa hanya mengoperasikan gadget Anda. Anda pun sudah dimanjakan dengan fitur-fitur demo dari tema yang Anda instal sehingga memudahkan proses kustomisasi, dan pastinya efisien.

Kelima, dukungan sumber daya dokumentasi yang jumlahnya jutaan. Dengan adanya ini, Anda tidak perlu sulit menemukan kesalahan atau mengembangkan fitur pada situs Anda yang seharusnya membuang banyak waktu. Anda cukup mengetik masalah Anda di Google atau search engine lainnya, maka Anda akan segera mendapat solusinya.

Waktu, pada dasarnya membangun sebuah web jadi dan dinamis butuh waktu yang tidak sebentar, itu pun dibuat oleh programmer berpengalaman, bukan yang baru ngerti tag Html dan css “alakadarnya” – Rizarullah Santoso

Mungkin itu sedikit gambaran untuk masalah Anda terkait waktu. Selanjutnya, terkait masalah uang, dimana yang jadi permasalahannya adalah jumlahnya tidak banya. Ya memang, uang yang terbatas dan tidak banyak selalu jadi masalah klasik setiap orang, termasuk Kami. Nah dengan menggunakan WordPress, sedikitnya Kami akan gambarkan kesimpulan bagaimana masalah ini bisa teratasi.

Pertama, pada dasarnya WordPress dapat diunduh gratis, namun pastinya Anda butuh kaplingan di internet. Kalau di dunia kalau modalnya mentok, ya buat bisnis, ga bisa ruko kios pun jadi lah. Asal bisa jualan dan tidak mengganggu orang lain. Nah kaplingan ini bisa saja Anda sewa shared hosting, harganya tidak terlalu mahal, bahkan ada yang kasih tawaran Cuma goceng sebulan. Tapi ya, semakin berharga, semakin berkwalitas. Yang penting jangan sampai Anda bayar goceng lagunya udah bayar milyaran. Artinya permaalahan Anda cukup terjawab sampai di sini.

Kedua, dengan adanya plugin dan tema yang jumlahnya ribuan maka Anda tidak perlu kerepotan buat cari programer buat mengembangkan fitur situs. Cukup cari yang gratisan (bukan bajakan ya), lalu tinggal instal di situs Anda. Walaupun nantinya Anda akan butuh versi yang premium juga. Tapi nanti lah, tunggu busnisnya udah untung saja.

Singkatnya, dari segi biaya, Anda hanya butuh biaya sewa hosting dan domain (sebagai alamat Anda) untuk membangunnya. Normalnya satu tahun Anda cukup bayar 350 ribuan untuk semuanya. Jauh lebih murah dariada sewa kios kan? Tapi (ini yang Kami sebut tapi-tapinya) masalah tidak selesai dengan Anda sewa hosting dan beli domain lalu instal WordPressnya, Anda perlu mendesain situs Anda seciamik mungkin agar enak dipandang dan nyaman dikunjungi.

Maka, kami rekomendasikan untuk dapat menggunakan layanan yang disediakan oleh SiteKraf, karena paket terkecilnya sudah memungkinkan Anda hanya memasang “papan reklame” dan “mendekor kios” sedikit serta mengisi barang dagangannya. Karena semua sudah disiapkan untuk segala keperluan Anda (ini jauh lebih mengghemat waktu Anda. Biayanya pun sangat terjangkau dengan fitur yang memukau).

Permasalahan Kelompok Kedua: Konten dan Maintenance

Apakah Anda kelompok kedua? Jika ya, silahkan menjadi pembaca artikel ini hingga tuntas. Dalam masalah kelompok kedua, ini adalah masalah yang paling krusial dalam bisnis berbasis digital. Bagaimana tidak, mereka (mungkin Anda juga) sudah keluar dana (bahkan tidak sedikit) untuk membangun sebuah situs, namun kesulitan dalam mengoperasikannya.

Konten, Sumber: Centrinity

Agak disayangkan memang, karena tidak sedikit waktu dan biaya yang telah dikeluarkan untuk memulainya. Lantas, jika kita bongkar, memang benar, permasalahan itu sebenarnya terletak di konten dan maintenance (kalau digabungkan salahnya justru pada si web owner). Sejak eranya internet semakin maju, konten adalah segala-galanya bagi sebuah situs alias content is the king.

Padahal kalau dilihat dari sumbu masalahnya, nampaknya sistem apalagi jika kita menggunakan WordPress, nampaknya tidak ada masalah terkait hal ini. Dimana automisasi mulai dari update CMS, tema hingga plugin dapat dilakukan secara otomatis, serta konten pun dapat di atur waktu penerbitannya.

Masalahnya, kedua masalah tersebut harus dijawab dengan sebuah kata, yaitu Komitmen. Apabila komitmen kita terhadap situs kita rendah, maka sudah dapat dipastikan, komitmen pengunjung akan tidak ada sama sekali pada situs kita, mungkin diakibatkan konten yang usang, produk yang tidak di update atau situs yang terkesan atau memang tidak dikelola secara baik.

Maka dengan maksud membantu menyelesaikan masalah tersebut kami sedikit menyampaikan tips, sehingga situs WordPress yang Anda miliki dapat maksimal.

Pertama, buatlah jadwal khusus dalam satu minggu, boleh satu kali, boleh dua kali atau pun tiga kali untuk merancang dan mempublikasi konten pada WordPress Anda, mau itu produk atau pun artikel. Dalam sekali mengisi konten, tidak perlu banyak, Anda hanya perlu konsisten mengisi. Pengunjung sangat menyukai sebuah situs dengan isi yang konsisten meskipun itu sedikit.

Kedua, pasang plugin automisasi update, karena sistem yang up to date menjadi modal jaminan atas lancarnya situs Anda. Dengan plugin tersebut Anda tidak [erlu terlalu repot untuk menghabiskan banyak waktu untuk situs Anda. Kebanyakan situs yang diserang adalah situs usang yang mengabaikan pembaruan sistem dan itu menjadi celah kejahatan oleh orang lain.

Ketiga, rajinlah bereksperimen terhadap optimalisasi kecepatan loading situs. Sebab situs yang cepat lebih diminati oleh pengunjung yang akan menjadi pelanggan di situs Anda. Kenapa cepat penting? Rata-rata orang hanya sanggup menunggu loading dalam tiga detik saja, lalu ia beralih ke tab lainnya pada browser. Ini dapat memecah konsentrasi user yang tadinya memiliki hasrat untuk bertransaksi justru batal akibat teralihkan ke tab lain yang mungkin itu adalah bisnis sejenis dengan bisnis Anda.

Keempat, pastikan semua sistem berjalan lancar. Misalnya: SOP pembelian yang saat user klik beli dapat secara otomatis terekam pada situs kita dan kita cekatan dalam menerima pesanan tersebut. Jangan salah, kebanyakan pebisnis digital lalai atas hal ini.

Kelima, jika Anda kesulitan menjalankan kiat pertama hingga keempat, ada satu alternatif untuk Anda. Anda cukup fokus kepada bisnis Anda tanpa harus repot mengisi konten dan mengurus data center. Alternatif tersebut adalah Anda perlu merekrut satu atau dua karyawan untuk menyelesaikan tugas tersebut dan tentunya biayanya tidak sedikit.

Keenam, kami kembali merekomendasikan SiteKraf untuk Anda yang sulit melakukan kiat tersebut namun minim dana untuk menggaji karyawan. SiteKraf memiliki layanan maintenance yang siap membantu Anda untuk mengisi dan merawat situs WordPress Anda secara berkala. Tentunya dengan harga yang pas dengan budget udaha Anda.

Apabila komitmen kita terhadap situs kita rendah, maka sudah dapat dipastikan, komitmen pengunjung akan tidak ada sama sekali pada situs kita, mungkin diakibatkan konten yang usang, produk yang tidak di update atau situs yang terkesan atau memang tidak dikelola secara baik. – Rizarullah Santoso

Namun, semua pilihan ada di tangan Anda. Ekspresi dan kebebasan memilih untuk menjadi seperti apa bisnis Anda adalah hal yang tidak mutlak dan terdiri dari berbagai alternatif. Melalui artikel ini setidaknya kami telah merekomendasikan beberapa alternatif untuk Anda sebagai acuan pertimbangan Anda ke depannya.

Tinggalkan komentar